Digital Marketing sebagai Instrumen Penggerak Kewirausahaan
Digital Marketing sebagai Instrumen
Penggerak Kewirausahaan
Digital
marketing merupakan sebuah kegiatan promosi, iklan, dan marketing yang
dilakukan secara digital yaitu melalui Internet, Smartphone, dan
instrumen-instrumen digital lainnya. Digital marketing secara khusus berperan
dalam pergerakan marketing dalam ranah globalisasi untuk memperluas,
memperdalam, dan mengatur secara efisien marketing. Bentuk-bentuk dari Digital
marketing itu sendiri banyak, antara lain lewat media Koran online, Media
sosial, Video Online, Iklan Online, dan Pemasaran Online lewat E-mail.
Bentuk-bentuk tersebut memiliki tujuan dan target pemasarannya masing-masing
dan tentunya akan berguna bagi para Wirausahawan yang ingin merintis bisnis
secara efisien.
Bentuk pertama yaitu bentuk Koran
Online. Koran online atau pemberitaan secara online lewat redaksi-redaksi
tertentu, memiliki target pemasaran pembaca berita. Pembaca berita terutama
yang berhubungan dengan Finance dan Bisnis, tentunya akan menjadi target
pemasaran dalam bentuk seperti ini. Marketing secara digital yang dilakukan
secara ini tentunya memiliki kelebihan seperti mudah diakses, mencakup banyak
orang atau bersifat global, namun biarpun begitu cara seperti ini memiliki
kekurangan. Faktor kekurangan tersebut adalah faktor informasi yang diberikan.
Bentuk kedua yaitu Media Sosial.
Media Sosial merupakan sebuah media massa secara digital yang dapat diakses
banyak orang. Digital marketing seperti ini umumnya paling sering digunakan
seperti endorse dan kerja sama mutual satu sama lain. Bentuk marketing seperti
ini umumnya paling diminati bagi sebagian besar wirausahawan karena memiliki
kelebihan seperti mudah diakses, simpel, kreatif, memiliki efek beruntun secara
relatif, dan memiliki margin profit yang cukup besar. Biarpun begitu, bentuk
marketing seperti ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut adalah
tidak semua barang dapat dijadikan produk pemasaran, tergantung minat dan
kebutuhan pasar yang diminta.
Bentuk selanjutnya adalah Video
Online. Bentuk seperti ini umumnya digunakan lewat platform Youtube dalam
bentuk sponsor. Marketing seperti ini sangat mudah, tidak memakan biaya yang
cukup mahal, dapat diakses oleh seluruh orang, dan memiliki margin profit yang
besar. Disisi lain, Video Online juga memiliki kekurangan yaitu pada bagian
konten pemasaran. Konten yang diberikan umumnya terbatas sehingga menjadi
sebuah kekurangan yang patut dipertimbangkan
Bentuk selanjutnya adalah Iklan Online.
Bentuk marketing seperti ini merupakan bentuk marketing low budget secara
digital. Munculnya iklan pada website-website ataupun berbentuk pop-up
merupakan bentuk Iklan Online. Kekurangan dari marketing seperti ini adalah
terkadang marketing seperti ini dihiraukan, konten yang ada sangat terbatas,
dan terkadang dianggap spam.
Bentuk selanjutnya adalah lewat
perantara E-mail. Bentuk marketing seperti ini umumnya dilakukan dengan tujuan
marketing satu arah antar perusahaan ke perusahaan lain dalam rangka kerja
sama, atau lewat email melalui persetujuan orang yang bersangkutan. Marketing
lewat email sangat menghemat biaya pengeluaran karena umumnya hanya berbentuk
design dan kata-kata yang menjelaskan produk secara ringkas dan tepat.
Kekurangan dari perantara E-mail sendiri adalah pada konten dan kemudahan akses
yang sangat kurang.
Dari
bentuk tersebut digital marketing merupakan sebuah hal yang dapat
dijadikan pertimbangan pihak marketing untuk mencapai keuntungan yang lebih
besar. Di era Globalisasi seperti sekarang ini dimana dunia membutuhkan sesuatu
yang cepat, instan, dan terpercaya hadirnya Digital Marketing menjadi alasan
Mengapa Marketing jaman dulu sudah mulai ditinggalkan. Digital Marketing
memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan marketing yang dulu yang dirasa
boros dan kurang efektif. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain mudah, tidak
terlalu memakan biaya, bersifat global, hasil yang ada dapat diukur,
personalisasi pelanggan, serta meningkatkaya tingkat konversi kearah yang lebih
besar.
Peran digital marketing tentunya
dilengkapi dengan strategi-strategi untuk mencapai digital marketing yang
berkualitas. Didalam digital marketing, terdapat beberapa poin yang berhubungan
satu sama lain. Poin-poin tersebut antara lain Control, Situation Analysis,
Objectives, Strategy, Tactics, dan Actions. Poin-poin tersebut menjadi landasan
dalam menentukan keputusan dari seorang marketing yang baik dan berkualitas
Poin pertama adalah Situation
Analysis. Situation Analysis merupakan penentuan sikap pertama untuk menentukan
landasan awal serta mindset awal dalam melakukan sebuah marketing. Situation
analysis sendiri harus melewati beberapa poin lagi seperti pandangan sebuah
brand, harapan sebuah pelanggan dan target yang ingin dicapai. Situation analysis
yang baik tentunya menghasilkan persiapan yang baik pula. Faktor yang menjadi
dasar pertimbangan Situation Analysis adalah posisi yang sedang dijalani
sekarang apakah pada posisi Upward ataupun
Downward
Poin kedua adalah Objectives.
Objectives merupakan pemaparan target dari sebuah perusahaan. Target dari hari
ke hari tentunya harus berubah menjadi lebih baik. Objectives merupakan
gambaran dari hal tersebut. Hal tersebut tercermin lewat 5S yaitu Serve, Sell,
Sizzle, Speak, dan Save. Marketing yang baik mampu mengubah kekurangan menjadi
kelebihan untuk goal yang ingin dicapai. Marketing yang baik juga mampu
menjalankan 5s Tersebut dengan baik dalam memainkan emosi pelanggan secara
digital sehingga dapat menjadi pembeli.
Poin ketiga adalah Strategy.
Strategy merupakan sebuah pembangunan rencana baik lewat proposal atau
penyeluruhan untuk marketing yang berkualitas. Dalam poin strategi, perencanaan
yang baik harus mampu mencapai titik yang ingin dicapai secara efektif dan
efisien dalam penggunaan alat, instrumen serta hal-hal pembantu lainnya.
Poin selanjutnya adalah Tactics.
Tactics merupakan pendalaman strategi terutama dalam meghadapi
marketing-marketing lainnya. Tactics merupakan segala sesuatu yang berhubungan
dengan strategi secara operasional antara lain Kampanye, sosialisasi, dan
komunikasi dua arah.
Poin selanjutnya Actions. Actions
merupakan pergerakan awal dari sebuah marketing. Dalam pergerakan yang
dilakukan, terdapat sebuah tanggung jawab yang menjadi tulang rusuk yang
menopang segala rencana yang telah dirancangkan dengan baik. Dalam hal ini, hal
yang paling penting adalah skill untuk berkomunikasi satu sama lain antar tim
dan teknik operasional dan skill internal lainnya. Aksi juga umumnya akan
menjadi jembatan untuk ke-luar baik ke perusahaan atapun pihak ke 3 yang akan
menjadi aspek digital marketing.
Poin terakhir adalah Controls.
Control merupakan sebuah kegiatan mengontrol, mengevaluasi, improvisasi, dan pelaporan semua
kegiatan dalam marketing. Tahap yang paling penting dalam sebuah perkembangan
adalah membuat hal tersebut konstan dan bahkan mampu berjalan lebih baik lagi.
Controls juga dapat menjadi uji coba hal-hal baru yang dirasa mampu menjadi
keuntungan bagi perusahaan.
Pentingnya digital marketing dalam
era globalisasi sungguh penting untuk mencapai keuntungan yang baik. Pada
dasarnya, marketing yang baik adalah marketing yang mampu mengubah kekurangan
menjadi kelebihan yang baik dan mampu melayani ego pelanggan sehingga pelanggan
mau untuk menjadi pembeli. Seorang marketing yang baik dalam digital marketing
juga dapat menjadi sebuah pelajaran untuk mengatur emosi dan menjaga emosi satu
sama lain sehingga pihak marketing dan pelanggan mendapatkan apa yang mereka
inginkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Digital Marketing merupakan sebuah
Instrumen penting dalam melakukan bisnis dan mengembangkan bisnis secara
efektif dan efisien
https://duniakampus40.net
Komentar
Posting Komentar