Unggulan

Digital Marketing sebagai Instrumen Penggerak Kewirausahaan

 

Digital Marketing sebagai Instrumen Penggerak Kewirausahaan

                Digital marketing merupakan sebuah kegiatan promosi, iklan, dan marketing yang dilakukan secara digital yaitu melalui Internet, Smartphone, dan instrumen-instrumen digital lainnya. Digital marketing secara khusus berperan dalam pergerakan marketing dalam ranah globalisasi untuk memperluas, memperdalam, dan mengatur secara efisien marketing. Bentuk-bentuk dari Digital marketing itu sendiri banyak, antara lain lewat media Koran online, Media sosial, Video Online, Iklan Online, dan Pemasaran Online lewat E-mail. Bentuk-bentuk tersebut memiliki tujuan dan target pemasarannya masing-masing dan tentunya akan berguna bagi para Wirausahawan yang ingin merintis bisnis secara efisien.

            Bentuk pertama yaitu bentuk Koran Online. Koran online atau pemberitaan secara online lewat redaksi-redaksi tertentu, memiliki target pemasaran pembaca berita. Pembaca berita terutama yang berhubungan dengan Finance dan Bisnis, tentunya akan menjadi target pemasaran dalam bentuk seperti ini. Marketing secara digital yang dilakukan secara ini tentunya memiliki kelebihan seperti mudah diakses, mencakup banyak orang atau bersifat global, namun biarpun begitu cara seperti ini memiliki kekurangan. Faktor kekurangan tersebut adalah faktor informasi yang diberikan.

            Bentuk kedua yaitu Media Sosial. Media Sosial merupakan sebuah media massa secara digital yang dapat diakses banyak orang. Digital marketing seperti ini umumnya paling sering digunakan seperti endorse dan kerja sama mutual satu sama lain. Bentuk marketing seperti ini umumnya paling diminati bagi sebagian besar wirausahawan karena memiliki kelebihan seperti mudah diakses, simpel, kreatif, memiliki efek beruntun secara relatif, dan memiliki margin profit yang cukup besar. Biarpun begitu, bentuk marketing seperti ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut adalah tidak semua barang dapat dijadikan produk pemasaran, tergantung minat dan kebutuhan pasar yang diminta.

            Bentuk selanjutnya adalah Video Online. Bentuk seperti ini umumnya digunakan lewat platform Youtube dalam bentuk sponsor. Marketing seperti ini sangat mudah, tidak memakan biaya yang cukup mahal, dapat diakses oleh seluruh orang, dan memiliki margin profit yang besar. Disisi lain, Video Online juga memiliki kekurangan yaitu pada bagian konten pemasaran. Konten yang diberikan umumnya terbatas sehingga menjadi sebuah kekurangan yang patut dipertimbangkan

            Bentuk selanjutnya adalah Iklan Online. Bentuk marketing seperti ini merupakan bentuk marketing low budget secara digital. Munculnya iklan pada website-website ataupun berbentuk pop-up merupakan bentuk Iklan Online. Kekurangan dari marketing seperti ini adalah terkadang marketing seperti ini dihiraukan, konten yang ada sangat terbatas, dan terkadang dianggap spam.

            Bentuk selanjutnya adalah lewat perantara E-mail. Bentuk marketing seperti ini umumnya dilakukan dengan tujuan marketing satu arah antar perusahaan ke perusahaan lain dalam rangka kerja sama, atau lewat email melalui persetujuan orang yang bersangkutan. Marketing lewat email sangat menghemat biaya pengeluaran karena umumnya hanya berbentuk design dan kata-kata yang menjelaskan produk secara ringkas dan tepat. Kekurangan dari perantara E-mail sendiri adalah pada konten dan kemudahan akses yang sangat kurang.

            Dari  bentuk tersebut digital marketing merupakan sebuah hal yang dapat dijadikan pertimbangan pihak marketing untuk mencapai keuntungan yang lebih besar. Di era Globalisasi seperti sekarang ini dimana dunia membutuhkan sesuatu yang cepat, instan, dan terpercaya hadirnya Digital Marketing menjadi alasan Mengapa Marketing jaman dulu sudah mulai ditinggalkan. Digital Marketing memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan marketing yang dulu yang dirasa boros dan kurang efektif. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain mudah, tidak terlalu memakan biaya, bersifat global, hasil yang ada dapat diukur, personalisasi pelanggan, serta meningkatkaya tingkat konversi kearah yang lebih besar.

            Peran digital marketing tentunya dilengkapi dengan strategi-strategi untuk mencapai digital marketing yang berkualitas. Didalam digital marketing, terdapat beberapa poin yang berhubungan satu sama lain. Poin-poin tersebut antara lain Control, Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, dan Actions. Poin-poin tersebut menjadi landasan dalam menentukan keputusan dari seorang marketing yang baik dan berkualitas

            Poin pertama adalah Situation Analysis. Situation Analysis merupakan penentuan sikap pertama untuk menentukan landasan awal serta mindset awal dalam melakukan sebuah marketing. Situation analysis sendiri harus melewati beberapa poin lagi seperti pandangan sebuah brand, harapan sebuah pelanggan dan target yang ingin dicapai. Situation analysis yang baik tentunya menghasilkan persiapan yang baik pula. Faktor yang menjadi dasar pertimbangan Situation Analysis adalah posisi yang sedang dijalani sekarang apakah pada posisi Upward ataupun Downward

            Poin kedua adalah Objectives. Objectives merupakan pemaparan target dari sebuah perusahaan. Target dari hari ke hari tentunya harus berubah menjadi lebih baik. Objectives merupakan gambaran dari hal tersebut. Hal tersebut tercermin lewat 5S yaitu Serve, Sell, Sizzle, Speak, dan Save. Marketing yang baik mampu mengubah kekurangan menjadi kelebihan untuk goal yang ingin dicapai. Marketing yang baik juga mampu menjalankan 5s Tersebut dengan baik dalam memainkan emosi pelanggan secara digital sehingga dapat menjadi pembeli.

            Poin ketiga adalah Strategy. Strategy merupakan sebuah pembangunan rencana baik lewat proposal atau penyeluruhan untuk marketing yang berkualitas. Dalam poin strategi, perencanaan yang baik harus mampu mencapai titik yang ingin dicapai secara efektif dan efisien dalam penggunaan alat, instrumen serta hal-hal pembantu lainnya.

            Poin selanjutnya adalah Tactics. Tactics merupakan pendalaman strategi terutama dalam meghadapi marketing-marketing lainnya. Tactics merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan strategi secara operasional antara lain Kampanye, sosialisasi, dan komunikasi dua arah.

            Poin selanjutnya Actions. Actions merupakan pergerakan awal dari sebuah marketing. Dalam pergerakan yang dilakukan, terdapat sebuah tanggung jawab yang menjadi tulang rusuk yang menopang segala rencana yang telah dirancangkan dengan baik. Dalam hal ini, hal yang paling penting adalah skill untuk berkomunikasi satu sama lain antar tim dan teknik operasional dan skill internal lainnya. Aksi juga umumnya akan menjadi jembatan untuk ke-luar baik ke perusahaan atapun pihak ke 3 yang akan menjadi aspek digital marketing.

            Poin terakhir adalah Controls. Control merupakan sebuah kegiatan mengontrol, mengevaluasi,             improvisasi, dan pelaporan semua kegiatan dalam marketing. Tahap yang paling penting dalam sebuah perkembangan adalah membuat hal tersebut konstan dan bahkan mampu berjalan lebih baik lagi. Controls juga dapat menjadi uji coba hal-hal baru yang dirasa mampu menjadi keuntungan bagi perusahaan.

            Pentingnya digital marketing dalam era globalisasi sungguh penting untuk mencapai keuntungan yang baik. Pada dasarnya, marketing yang baik adalah marketing yang mampu mengubah kekurangan menjadi kelebihan yang baik dan mampu melayani ego pelanggan sehingga pelanggan mau untuk menjadi pembeli. Seorang marketing yang baik dalam digital marketing juga dapat menjadi sebuah pelajaran untuk mengatur emosi dan menjaga emosi satu sama lain sehingga pihak marketing dan pelanggan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Digital Marketing merupakan sebuah Instrumen penting dalam melakukan bisnis dan mengembangkan bisnis secara efektif dan efisien

https://duniakampus40.net 

Komentar

Postingan Populer