Langsung ke konten utama

Unggulan

Digital Marketing sebagai Instrumen Penggerak Kewirausahaan

  Digital Marketing sebagai Instrumen Penggerak Kewirausahaan                 Digital marketing merupakan sebuah kegiatan promosi, iklan, dan marketing yang dilakukan secara digital yaitu melalui Internet, Smartphone, dan instrumen-instrumen digital lainnya. Digital marketing secara khusus berperan dalam pergerakan marketing dalam ranah globalisasi untuk memperluas, memperdalam, dan mengatur secara efisien marketing. Bentuk-bentuk dari Digital marketing itu sendiri banyak, antara lain lewat media Koran online, Media sosial, Video Online, Iklan Online, dan Pemasaran Online lewat E-mail. Bentuk-bentuk tersebut memiliki tujuan dan target pemasarannya masing-masing dan tentunya akan berguna bagi para Wirausahawan yang ingin merintis bisnis secara efisien.             Bentuk pertama yaitu bentuk Koran Online. Koran online atau pemberitaan secara online lewat redaksi-redaksi tertentu, memiliki target pemasaran pembaca berita. Pembaca berita terutama yang berhubungan dengan Finance dan Bi

Ingin Kontrol Mental, Jiwa, dan Raga? Ayo Mengenal Yoga!

Yoga

 

Yoga (Aksara Dewanagari योग) dari bahasa Sanskerta (योग) berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktikkan selama lebih dari 5000 tahun. Orang yang melakukan tapa yoga disebut yogis, yogin bagi praktisi pria dan yogini bagi praktisi wanita.

Sastra Hindu yang memuat ajaran Yoga, di antaranya adalah Upanisad, Bhagavad Gita, Yogasutra, Hatta Yoga serta beberapa sastra lainnya.

Klasifikasi ajaran Yoga tertuang dalam Bhagavad Gita, diantaranya adalah :

·         Karma Yoga/Marga, 

·         Jnana Yoga/Marga, 

·         Bakti Yoga/Marga, 

·         Raja Yoga/Marga.

 


Sejarah Yoga

Ajaran Yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali, dan merupakan ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu. Ajaran yoga merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda. Yoga berakar dari kata Yuj yang berarti berhubungan, yaitu bertemunya roh individu (atman/purusa) dengan roh universal (Paramatman/Mahapurusa). Maharsi Patanjali mengartikan yoga sebagai Cittavrttinirodha yaitu penghentian gerak pikiran.

Sastra Yogasutra yang ditulis oleh Maharsi Patanjali, yang terbagi atas empat bagian dan secara keseluruhan mengandung 194 sutra. Bagian pertama disebut: Samadhipada, sedangkan bagian kedua disebut: Sadhanapada, bagian ketiga disebut: Vibhutipada, dan yang terakhir disebut: Kailvalyapada.

 

 

 

Manfaat Yoga

Manfaat olahraga yoga bagi tubuh kita adalah :

1. Menurunkan Stres
Yoga dikenal karena dianggap dapat meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan kortisol, hormon penyebab stres.

 

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Dari memompa darah ke seluruh tubuh untuk memasok jaringan dengan nutrisi penting, kesehatan jantung adalah komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam gaya hidup sehat dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit jantung.

3. Menambah Kualitas Hidup
Yoga menjadi terapi tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup bagi banyak individu. Penelitian menyebutkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesejahteraan rohani, meningkatkan fungsi sosial dan mengurangi gejala kecemasan

4. Fleksibilitas dan Keseimbangan
Banyak orang menambahkan yoga sebagai rutinitas untuk meningkatkan kebugaran mereka. Berlatih hanya 15-30 menit yoga setiap hari dapat membuat perbedaan besar bagi mereka yang ingin meningkatkan kinerja dengan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

5. Dapat Meningkatkan Kekuatan
Selain meningkatkan fleksibilitas, latihan yoga secara rutin dapat membangun kekuatan. Gerakan yoga yang pelan dan terkontrol membuat otot-otot di dalam tubuh bergerak dan menahan pose yoga. Bahkan, ada pose khusus dalam yoga yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan membangun otot.

6. Dapat Membantu Meningkatkan Pernafasan
Pranayama atau pernapasan yoga, adalah latihan yoga yang berfokus pada pengendalian nafas melalui latihan dan teknik pernapasan. Sebagian besar jenis yoga menggabungkan latihan pernapasan ini. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berlatih yoga dapat membantu meningkatkan pernapasan.

7. Memperbaiki Postur
Postur yang baik memengaruhi setiap sistem di tubuh, termasuk sistem pencernaan, otot, peredaran darah, dan saraf. Berlatih yoga dapat memperbaiki postur dan memastikan bahwa tubuh dalam kondisi berfungsi optimal.

8. Menurunkan Berat Badan
Yoga dapat menjadi olahraga yang menurunkan berat badan bila diterapkan dengan benar. Latihan yoga yang teratur dapat membantu tubuh membakar kalori, membentuk otot, dan membakar lemak dari tubuh.

9. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Berlatih yoga akan membantu Anda menjelajahi sisi lain dari diri Anda. itu akan membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan membantu Anda mengambil pendekatan positif dalam hidup. Yoga bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih dan hati lebih damai.

10. Mendorong Pola Makan Sehat
Yoga membantu dalam mempertahankan daya tahan tubuh Anda dan menjaganya agar tetap bugar. Hal itu memotivasi Anda untuk makan sehat dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.


Komentar

Postingan Populer