Langsung ke konten utama

Unggulan

Digital Marketing sebagai Instrumen Penggerak Kewirausahaan

  Digital Marketing sebagai Instrumen Penggerak Kewirausahaan                 Digital marketing merupakan sebuah kegiatan promosi, iklan, dan marketing yang dilakukan secara digital yaitu melalui Internet, Smartphone, dan instrumen-instrumen digital lainnya. Digital marketing secara khusus berperan dalam pergerakan marketing dalam ranah globalisasi untuk memperluas, memperdalam, dan mengatur secara efisien marketing. Bentuk-bentuk dari Digital marketing itu sendiri banyak, antara lain lewat media Koran online, Media sosial, Video Online, Iklan Online, dan Pemasaran Online lewat E-mail. Bentuk-bentuk tersebut memiliki tujuan dan target pemasarannya masing-masing dan tentunya akan berguna bagi para Wirausahawan yang ingin merintis bisnis secara efisien.             Bentuk pertama yaitu bentuk Koran Online. Koran online atau pemberitaan secara online lewat redaksi-redaksi tertentu, memiliki target pemasaran pembaca berita. Pembaca berita terutama yang berhubungan dengan Finance dan Bi

Basket? Yuk Mengenal Basket dan Teknik-Tekniknya

 

Basket

Pengertian Bola Basket

adalah olahraga yang dilakukan secara berkelompok dan dimainkan oleh dua tim yang berlawanan. Masing-masing tim memiliki 5 orang anggota. Setiap tim harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Standar internasional permainan bola basket adalah 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit),  dengan jeda waktu istirahat 10 menit. Tapi khusus untuk NBA berbeda, mereka menggunakan format 12 menit per setiap babaknya (4×12 menit). 

Sejarah Basket

Basket adalah permainan yang diciptakan oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith di sekitar tahun 1891. Saat itu, James ingin membuat sebuah permainan yang bisa dimainkan oleh muridnya dalam ruangan tertutup selama musim dingin.

James terinspirasi dari permainan masa kecilnya dan mulai menciptakan olahraga basket. Basket ciptaan James tentunya jauh berbeda dari yang sekarang. Saat itu, James hanya membuat beberapa aturan dasar agar bisa diterima oleh banyak orang.

 

Untuk di wilayah Asia, Cina termasuk salah satu negara pertama yang mulai mengenal olahraga basket selain Jepang dan Filipina. Pada tahun 1920-an, orang-orang Cina merantau ke Indonesia dan secara tak langsung ikut memperkenalkan olahraga basket.

Pada tahun 1930-an, perkumpulan-perkumpulan basket mulai bermunculan di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, hingga Medan. Basket kemudian semakin berkembang pesat setelah Indonesia merdeka di tahun 1945.

Peraturan bola basket

Pemain

Setiap tim terdiri dari 5 orang pemain dan beberapa cadangan. Tim biasanya dibagi menjadi tiga, yaitu pemain depan, tengah, dan belakang. Pemain depan bertugas untuk menyerang sekaligus menghalangi tim lawan menerobos pertahanan.

 Skor dan Durasi Pertandingan

Durasi permainan bola basket menurut Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) adalah 4×10 menit, sedangkan aturan National Basketball Association (NBA) adalah 4×12 menit. Tiap pergantian babak, ada jeda waktu istirahat selama 10 menit.

 

Aturan Waktu Membawa Bola 

a). Peraturan 3 Detik

b).Peraturan 8 Detik

c). Peraturan 24 Detik

Ukuran Lapangan Bola Basket

  • Panjang : 28 meter
  • Lebar : 15 meter
  • Diameter lingkaran tengah : 3,6 meter
  • Jarak garis tiga poin ke ring : 6,75 meter
  • Jarak garis busur ring basket : 1,25 meter.

Ukuran Ring dan Tiangnya:

  • Tinggi ring : 3,05 meter
  • Diameter ring : 45cm
  • Jarak tiang ring ke endline : 1 meter
  • Panjang papan pantul : 1,8×1,05 meter
  • Ukuran kotak tengah papan pantul : 59x45cm
  • Jarak papan pantul ke endline : 1,2 meter

Teknik Dasar Bola Basket

 

Seorang pemain harus benar-benar menguasai teknik dasar permainan basket agar bisa berlaga di sebuah turnamen. Teknik dasar basket meliputi cara memegang bola, dribblepassing, pivot, shootingrebound, dan slam dunk.


a.    Cara memegang bola



 

 

 

b.      dribble



c.    passing



d.    pivot



e.    shooting



f.     rebound



 


Komentar

Postingan Populer