Langsung ke konten utama

Unggulan

Digital Marketing sebagai Instrumen Penggerak Kewirausahaan

  Digital Marketing sebagai Instrumen Penggerak Kewirausahaan                 Digital marketing merupakan sebuah kegiatan promosi, iklan, dan marketing yang dilakukan secara digital yaitu melalui Internet, Smartphone, dan instrumen-instrumen digital lainnya. Digital marketing secara khusus berperan dalam pergerakan marketing dalam ranah globalisasi untuk memperluas, memperdalam, dan mengatur secara efisien marketing. Bentuk-bentuk dari Digital marketing itu sendiri banyak, antara lain lewat media Koran online, Media sosial, Video Online, Iklan Online, dan Pemasaran Online lewat E-mail. Bentuk-bentuk tersebut memiliki tujuan dan target pemasarannya masing-masing dan tentunya akan berguna bagi para Wirausahawan yang ingin merintis bisnis secara efisien.             Bentuk pertama yaitu bentuk Koran Online. Koran online atau pemberitaan secara online lewat redaksi-redaksi tertentu, memiliki target pemasaran pembaca berita. Pembaca berita terutama yang berhubungan dengan Finance dan Bi

Renang : Sejarah, Teknik Dasar, Gaya Renang, dan Manfaat.

 Renang : Sejarah, Teknik Dasar, Gaya Renang, dan Manfaat.


Renang merupakan cabang olahraga akuatik, karena renang dilakukan untuk menggerakkan badan keatas permukaan air. Olahraga renang lebih banyak menggunakan anggota tubuh, seperti tangan dan kaki, daripada memakai berbagai perlengkapan dan bantuan.

Hal itu yang menyebabkan renang memberi banyak manfaat bagi tubuh kita. Renang yang dilakukan secara rutin dapat memberikan manfaat, seperti mencegah berbagai penyakit (stroke, jantung, dan diabetes) dan menambah pertumbuhan tinggi badan.

Saat ini, renang banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Tak begitu mengherankan, karena olahraga renang dapat menghilangkan stress dan menyengarkan badan kita.

Renang juga dilombakan pada tingkat nasional hingga internasional. Gaya renang yang dipakai adalah renang gaya bebas, gaya kupu – kupu, gaya dada, dan gaya punggung. Pemenang nya ditentukan oleh siapa perenang yang mampu menyelesaikan lintasan dengan cepat.

 

Sejarah Renang

Renang sebenarnya telah ada sejak ribuan tahun lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya lukisan tentang perenang yang ada di dinding batu. Pada tahun 1873, renang mulai dijadikan sebagai cabang olahraga di Inggris. Renang mulai dilombakan pada tahun 1896 saat Olimpiade Athena. Pada tahun 1908, didirikan lah FINA (Fédération Internationale de Natation) yang merupakan induk organisasi olahraga renang dan berpusat di Lousanne, Swiss.

Di Indonesia, renang mulai popular hingga akhirnya didirikan kolam renang pertama di Cihampelas, Bandung pada tahun 1904. Bandungsche Zwembond (Perserikatan Renang Bandung) yang didirikan pada tahun 1917, merupakan salah satu renang pertama yang menandai perkembangan olahraga renang yang begitu pesat di Indonesia. Pada 21 Maret 1951, berdirilah organisasi renang Indonesia, yaitu PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) oleh Poerwo Soedarmo.

Teknik Dasar Renang

1.      Teknik Pernapasan

Teknik ini dapat dilatih dengan melakukan berdiri di tepi kolam, wajah berada di atas permukaan air. Setelah itu, Tarik napas melalui mulut, tahan selama beberapa saat, masukkan kepala ke dalam air, dan buang melalui hidung. Ulangi Latihan tersebut sebanyak 10 hingga 15 kali setiap latihan.

2.      Teknik Mengapung

Teknik ini membutuhkan rasa tenang dan rileks bagi perenangnya. Latihan teknik mengapung, pertama kaki menginjak dasar kolam dan kepala menghadap keatas. Selanjutnya, pegang tepi kolam dan luruskan badan ke belakang dengan posisi tangan lurus hingga telinga terendam oleh air.

3.      Teknik Meluncur

Meluncur dilakukan dengan mendorong badan secara horizontal di permukaan air. Latihan yang dapat dilakukan adalah dengan beberapa Langkah. Pertama, turun ke kolam dan berdiri membelakangi tembok. Kedua, tempelkan salah satu telapak kaki untuk melakukan tolakan saat meluncur. Selanjutnya, doronglah badan menggunakan telapak kaki tadi dan luruskan kedua tangan sejajar ke depan.

            Gaya Renang

1.      Gaya Dada

Gaya dada sering disebut sebagai gaya katak. Karena, Gerakan dari gaya ini menyerupai katak saat berenang. Gaya dada dapat dilakukan dengan cara, seperti :

·         Posisikan bagian depan tubuh Anda menghadap ke lantai kolam renang,

·         Jaga tubuh Anda selurus dan serileks mungkin, tapi usahakan agar pergelangan kaki tetap berada di bawah air,

·         Satukan kedua telapak tangan Anda dan luruskan tangan untuk bersiap-siap meluncur,

·         Lakukan gerakan meluncur dengan menolakkan telapak kaki yang menempel pada dinding kolam,

·         Mulai buka kedua telapak tangan ke arah luar hingga tubuh membentuk huruf Y, kemudian putar tangan ke dalam hingga kedua tangan kembali bertemu di depan dada,

·         Secara bersamaan dengan gerakan tangan di atas, buka kedua paha dan tekuk lutut hingga tumit mengarah ke bagian bokong, seperti gerakan kaki katak saat berenang,

·         Saat tangan sudah berada di depan dada dan kembali bersiap membuka, angkat kepala dan bahu ke atas air untuk mengambil napas,

·         Seraya tangan kembali membuka, kepala dan bahu sudah harus kembali berada di bawah permukaan air,

·         Ulangi gerakan di atas hingga selesai.

Manfaat dari renang gaya dada adalah untuk menjaga Kesehatan jantung, Kesehatan paru – paru, membakar kalori, dan melatih kelenturan tubuh.

2.      Gaya Bebas

Sebenarnya, gaya bebas adalah gerakan yang tidak terikat aturan dasar tertentu. Gaya bebas dikenal dapat melaju lebih cepat dibandingkan gaya renang yang lainnya. Gaya bebas dapat dilakukan dengan cara, yaitu :

·         Posisi tubuh menghadap ke air dan sejajar dengan permukaan air.

·         Telapak tangan menghadap ke bawah, kemudian Tarik agar sejajar dengan tubuh.

·         Angkat salah satu tangan keluar dari air, dengan posisi siku ditekuk. Lalu, dorong tangan ke depan.

·         Kemudian, masukkan ujung jari ke dalam air. Lakukan Gerakan ini secara bergantian oleh kedua tangan.

·         Gerakkan kaki dengan menendang ke atas dan ke bawah air.

Manfaat dari renang gaya bebas adalah untuk membakar kalori, membuat tidur lebih nyenyak, menjaga Kesehatan jantung dan paru – paru, dan efektif membentuk otot punggung.

 

3.      Gaya Punggung

Gaya punggung dilakukan dengan cara tubuh telentang atau menghadap ke atas. Gaya ini memudahkan untuk bernapas dan melihat, namun cukup sulit untuk dilakukan. Cara melakukan renang gaya punggung adalah dengan cara, seperti :

  • Rilekskan seluruh tubuh Anda.
  • Luruskan punggung Anda semaksimal mungkin sehingga tubuh bagian depan berada di atas permukan air.
  • Usahakan pinggul, kepala, dan leher Anda agar tetap rileks dan dalam posisi yang lurus dengan badan.
  • Ayunkan satu lengan Anda ke atas dan putar belakang kepala hingga kembali ke bawah air. Pastikan lengan Anda selalu berdekatan dengan telinga saat memutar.
  • Jaga lengan agar selalu lurus dan rapat dengan merapatkan jari-jari Anda, terutama saat tangan berada di bawah air.
  • Saat satu lengan sedang mengayun di bawah air, secara bersamaan putar lengan yang lain ke atas.
  • Terus ayunkan kedua lengan Anda dengan gerakan memutar secara bergantian.
  • Bersamaan dengan gerak tangan, gerakkan kaki dengan tendangan mengepak, sama seperti saat melakukan renang gaya bebas.

Manfaat dari renang gaya punggung adalah memperbaiki postur tubuh, tubuh menjadi rileks, dan menambah tinggi badan.

 

4.      Gaya Kupu – Kupu

Gaya kupu – kupu merupakan hasil pengembangan dari gaya dada. Dalam menggunakan gaya kupu – kupu, perenang harus memiliki tenaga yang cukup kuat. Karena, gaya ini dikenal cukup sulit untuk dilakukan. Berikut adalah cara untuk melakukan gaya kupu – kupu :

·         posisi tubuh menghadap ke air dan sejajar dengan permukaan air.

·         Lengan lurus dan telapak tangan menghadap ke bawah.

·         Siku ditekuk dan posisinya lebih tinggi daripada tangan. Dorong tangan ke bawah dan putas ke luar.

·         Putar tangan ke atas dan ke kebelakang, lalu posisikan sejajar dengan tubuh.

·         Posisi kaki menyatu dan jari kaki mengarah ke air.

·         Lakukan tendangan ke air bersamaan dengan memutar tangan ke atas dan ke belakang.

·         Gunakan pinggul untuk melakukan tendangan.

Manfaat dari renang gaya kupu – kupu adalah untuk melatih otot tangan dan dada.

Manfaat Renang

 

Berenang memang digemari oleh berbagai kalangan. Bukan hanya sebagai media perlombaan, tetapi berenang juga bisa menjadi media rekreasi yang disukai oleh masyarakat. Salah satu alasannya adalah karena berenang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat dari berenang, yaitu :

1.      Menghilangkan Stres

Berenang dapat menghilangkan stress, karena kita dapat menyegarkan kembali pikiran dan tubuh kita. Ketenangan dalam air cukup bagus untuk melepaskan ketegangan otot dan membuat tubuh kita menjadi bugar kembali.

2.      Menjauhi Obesitas

Terdapat sebuah fakta menarik, yaitu dengan berenang dengan efisien selama 1 jam perhari, kita bisa membakar 100 – 200 kalori dalam tubuh. Tentu ini sangat berguna untuk menjaga berat badan ideal dan menjauhi obesitas.

3.      Menambah Tinggi Badan

Berenang dengana baik dan benar dapat membantu dalam menamabha tinggi badan. Karena kita mengggerakan seluruh tubuh, seperti tangan dan kaki, secara aktif.

4.      Membentuk dan Menguatkan Otot

Berenang dapat meningkatkan kekuatan otot triceps. Peningkatan otot trisep dapat mencapai 23%, jika rutin untuk berenang selama beberapa minggu atau lebih.

5.      Menjaga Kesehatan Jantung

Renang membantu memperlancar sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan renang bagus untuk menjaga Kesehatan jantung.

 

Komentar

Postingan Populer